Meraih Keberkahan Tanah Suci Bersama Para Penghafal Al-Qur'an

Rekomendasi Travel Umroh di Bogor Terbaik dan Amanah

Kategori : Artikel Lantama, Ditulis pada : 22 Februari 2023, 22:00:33

Ibadah umroh seringkali menjadi pilihan pertama bagi umat muslim sebelum melaksanakan ibadah haji. Selain waktunya yang lebih singkat dan bisa dilaksanakan kapan saja, biaya umroh juga bisa dikatakan lebih murah dari biaya haji. 

Sebelum mulai memutuskan untuk pergi umroh bersama travel umroh Bogor, ada baiknya Anda mengetahui informasi seputar ibadah umroh berikut ini.

travel-sunnah-depok.jpg

Sekilas Tentang Ibadah Umroh

Secara bahasa, umroh memiliki arti berkunjung atau berziarah. Ibadah umroh bisa dilaksanakan kapan saja tanpa terikat waktu seperti ibadah haji. Sehingga, banyak orang yang melaksanakan ibadah umroh kapan saja, sesuai dengan kesanggupan serta biaya yang sudah mereka miliki.

Sementara itu, pengertian umroh secara syar’I dan terminologi fiqih adalah mengunjungi kota Makkah untuk melaksanakan ibadah, seperti thawaf dan sa’i dengan tata cara yang sudah ditentukan.

Meskipun bisa dilaksanakan kapan saja, namun ada waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh, yaitu saat bulan Ramadhan. Sebab, pahala yang akan Anda dapatkan sangat besar, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berangkat umroh saat bulan Ramadhan.

Dasar Hukum Ibadah Umroh

Dasar hukum ibadah umroh berasal dari Al-Qur’an dan hadist, yaitu dalam Surah Al Baqarah ayat 196 yang artinya, “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah”.

Sementara untuk hadist yaitu, “Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Ibadah umroh ke ibadah umroh berikutnya adalah penggugur dosa di antara keduanya, dan haji mabrur tiada balasan (bagi pelakunya), melainkan surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan adanya dasar hukum dari Al-Qur’an dan Hadist di atas, maka Anda bisa melakukan umroh saat merasa sudah siap dalam segala hal, baik jasmani, rohani maupun finansial.

Sehingga, cita-cita untuk pergi umroh yang sudah lama Anda inginkan menjadi kenyataan. Tentunya bersama dengan travel umroh Bogor terbaik dan terbukti amanah.

Syarat Sah Umroh

Ada beberapa syarat sah umroh yang harus dipenuhi oleh calon jemaah, yaitu:

● Beragama Islam

Syarat umroh yang pertama adalah Anda harus beragama Islam. Di luar dari hal ini, mereka dianggap tidak memiliki kelayakan untuk menunaikan ibadah umroh.

Tetapi, jika ada non muslim yang pernah menunaikan ibadah umrah, kemudian menjadi mualaf, maka orang tersebut wajib menunaikan ibadah umroh lagi. Pasalnya, ibadah umroh yang pernah dilakukannya semasa menjadi non muslim tidak terhitung sah.

● Taklif (Baligh dan Berakal)

Syarat sah ibadah umroh kedua adalah taklif yang berarti sudah baligh (dewasa) dan memiliki akal sehat.

Jika ada anak kecil yang ikut melaksanakan umroh, maka akan terhitung sebagai amal tathawwu’ atau sunnah.

Selain itu, maksud berakal disini adalah seseorang yang melaksanakan ibadah umroh harus memiliki akal yang sehat atau tidak gila, serta fisik yang masih sehat.

● Mampu

Syarat sah ibadah umroh selanjutnya Anda harus sudah mampu, baik dalam hal fisik, finansial maupun keamanan selama perjalanan.

● Merdeka

Ibadah umroh hukumnya sunnah, sehingga tidak diwajibkan bagi hamba sahaya maupun orang-orang yang kurang mampu.

Namun, jika Anda sudah memiliki kesanggupan atau sudah merdeka, maka ibadah umroh bisa dilaksanakan sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Rukun Umroh yang Harus Anda Tahu

Ada lima rukun umroh yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1.    Niat atau Ihram

Rukum umroh yang pertama adalah niat atau ihram. Yang dimaksud dengan ihram adalah memakai pakaian untuk umrah dengan syarat tertentu.

Bagi jemaah umroh laki-laki harus mengenakan pakaian ihram yang tidak berjahit dan tidak mengenakan penutup kepala. Sementara bagi jemaah umroh perempuan, pakaian ihram yang digunakan harus menutupi seluruh aurat. Selain itu, tidak diperbolehkan menggunakan penutup wajah atau cadar dan sarung tangan.

Selain itu, ada beberapa larangan saat berihram, yaitu:

  • Melakukan hubungan suami istri selama berihram, termasuk bercumbu hingga melihat wanita dengan syahwat
  • Mengkhitbah sampai melangsungkan pernikahan
  • Memotong kuku
  • Mencukur seluruh rambut
  • Menyemprotkan wewangian atau parfum
  • Mengenakan pakaian selain yang sudah ditentukan dalam ihram
  • Membunuh hewan buruan
  • Memakan binatang hasil buruan yang mana dirinya termasuk ikut dalam perburuan tersebut.

Jika Anda melanggar larangan tersebut, ibadah umroh yang dilakukan tetap sah, namun Anda harus membayar denda berupa memberi makan orang dhuafa selama 7 hari, seekor kambing maupun berpuasa selama 3 hari.

Jika sudah mengenakan pakaian ihram, Anda harus berniat umroh dan mulai mengambil miqat. Untuk tempat miqat sudah ditempatkan oleh masing-masing negaranya, biasanya jemaah asal Indonesia dapat mengambil miqat di Dzul Hulaifah, Bir Ali dan Tan’im.

2.    Thawaf

Thawaf merupakan suatu aktivitas dimana Anda akan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali putaran dimulai dari Hajar Aswad dengan melawan arah jarum jam. Sehingga, letak ka’bah dipastikan selalu berada di sebelah kiri para jemaah yang sedang melakukan thawaf.

3.    Sa’i

Sa’i merupakan lari-lari kecil antara dua bukit, yaitu dimulai dari bukit Shafa ke bukit Marwah selama 7 kali bolak-balik, tanpa diselingi oleh aktivitas lainnya.

Dari kegiatan sa’i ini, Anda dapat meneladani Siti Hajar, ibunda dari nabi Ismail agar bisa senantiasa berikhtiar dengan keimanan penuh bahwa Allah SWT pasti akan memberikan solusi terbaik atas semua permasalahan yang terjadi.

Mungkin solusi tidak datang dari arah yang Anda tuju, namun yakinlah bahwa Allah SWT pasti menyiapkan takdir dan solusi terbaik.

4.    Tahallul

Tahallul bisa dibilang sebagai rangkaian kegiatan terakhir dalam rukun ibadah umroh. Kegiatan yang dilakukan adalah mencukur rambut, dimana para jemaah laki-laki diharuskan untuk mencukur seluruh rambut, sementara bagi jemaah perempuan hanya memotong sebagian rambut secara merata.

5.    Tertib

Rangkaian ibadah umroh harus Anda lakukan secara tertib atau berurutan. Jangan sampai Anda membolak-balik urutan umroh seenaknya karena akan membuat ibadah umroh menjadi tidak sah.

Jika Anda belum terlalu memahami rukun umroh maupun tata caranya, maka pastikan untuk datang bersama pembimbing dari travel umroh Bogor. Sebab, pembimbing yang sudah disediakan oleh jasa travel umroh sudah terlatih dan terbukti profesional dalam membimbing para jemaah umroh.

Rekomendasi Travel Umroh Bogor untuk Anda

Nah, bagi Anda yang masih bingung jasa travel umroh Bogor mana yang akan dipilih, maka bisa pertimbangkan untuk memilih Lantama Wisata.

Lantama Wisata merupakan salah satu travel umroh Bogor yang amanah dan sudah berpengalaman dalam memberangkatkan para jemaah umroh dari tahun ke tahun. Tak heran, jasa travel umroh ini sudah mendapatkan banyak testimoni positif dari para jemaah umroh.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan travel umroh Bogor dari Lantama Wisata, maka bisa hubungi kontak resminya disini. Anda bisa mulai memilih paket travel umroh tersedia sesuai dengan fasilitas yang diinginkan, lalu siapkan diri Anda untuk segera berangkat umroh nantinya.

Informasi & Pendaftaran:
0817-123-143 / 0817-712-311

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id