Meraih Keberkahan Tanah Suci Bersama Para Penghafal Al-Qur'an

Seputar Haji Furoda: Pengertian, Fasilitas, Keunggulan, Harga Terbaru, dan lainnya

Kategori : Artikel Lantama, Ditulis pada : 24 Juli 2023, 14:16:20

program-haji-khusus-kemenag.jpg

Haji Furoda adalah salah satu dari program resmi pemberangkatan haji khusus di luar kuota pemerintah Indonesia. Program haji yang ini dikenal lebih mahal dari haji reguler dan haji plus atau khusus (ONH Plus).

Namun, program haji ini pun dapat sekaligus dijadikan sebagai solusi bagi mereka yang tak mau menunggu terlalu lama untuk berangkat. Pasalnya untuk haji reguler biasanya memiliki waktu tunggu yang tidak sebentar, bahkan hingga 30 tahun lebih.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang program haji tersebut. Berikut pengertian, apa saja fasilitas, harga terbaru, keunggulan, dan informasi penting lainnya. Jika tidak mau ketinggalan, Anda perlu menyimak penjelasan ini sampai akhir.

Apa Itu Haji Furoda?

Melansir dari website hajfuroda.id, pengertian haji Furoda sendiri merupakan ibadah haji khusus yang pelaksanaanya dikelola di atas kewenangan Pemerintah Arab Saudi. Itu berarti program haji yang satu ini tidak dikelola langsung oleh Kementrian Agama RI.

Menariknya, jadwal keberangkatan program haji ini juga tidak seperti haji reguler. Anda tidak perlu menunggu jadwal yang dikeluarkan oleh pemerintah RI yang pada umumnya mencapai puluhan tahun.

Jadi jangan heran, jika haji ini juga populer disebut sebagai haji tanpa antri atau haji non-kuota. Bagaimana dengan visa hajinya? Untuk haji ini kebetulan menggunakan visa mujmalah.

Visa mujamalah adalah visa haji furoda yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui kedutaan Besarnya di Indonesia. Untuk biayanya sendiri, bisa dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan dengan haji reguler maupun haji plus.

Tahun 2023 saja, biaya yang harus calon Jemaah siapkan mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini wajar mengingat calon Jemaah haji sudah tak perlu antre, langsung berangkat tahun yang sama setelah visa keluar.

Apa Saja Syarat Haji Furoda?

Apakah syarat yang perlu disiapkan oleh calon Jamaah Furoda sama dengan program haji reguler? Tentu saja tidak, walaupun secara umum cukup mirip. Jika Anda mau mendaftar, paling tidak harus menyiapkan persiapan seperti:

  • Fotocopy akta kelahiran, kartu tanda pengenal, KK, atau akta nikah
  • Pas Foto 3 x 4 dan 4 x 6 background putih masing-masing 10 lembar
  • Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan
  • Uang muka pendaftaran USD 10.000 per orang
  • Buku vaksin
  • Surat pernyataan
  • Melunasi sisa pembayaran setelah mendapatkan visa mujamalah

Cara Daftar Haji Furoda

Ketika sudah berhasil mendapatkan semua persyaratan haji Furoda, hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui bagaimana cara daftar. Pendaftaran program haji ini sebenarnya mudah sekali. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah selengkapnya berikut ini:

●     Hubungi Agen Perjalanan

Oleh karena program haji ini tidak dikelola langsung dibawah pemerintah RI, artinya Anda bisa berangkat melalui travel atau agen perjalanan khusus. Silahkan hubungi agen perjalanan yang melayani program haji tersebut tentunya pastikan dulu yang paling terpercaya.

●     Lakukan Pendaftaran Online

Jika sudah menemukan agen haji yang terbaik dan terpercaya, biasanya Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran via online. Dalam tahap ini silahkan kirimkan semua persyaratan yang sudah disiapkan tadi serta segera lakukan pembayaran uang muka.

●     Agen Perjalanan Memproses

Salah satu tujuan Anda segera melakukan pembayaran haji furoda adalah supaya pihak agen perjalanan bisa langsung memprosesnya. Pihak agen akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk aktivitas perjalanan ibadah Anda.

●     Menunggu Tanggal Keberangkatan

Setelah itu, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah tinggal menunggu tanggal pasti dimana Anda harus berangkat ke tanah suci. Biasanya jadwal dikeluarkan oleh Kedutaan Arab Saudi lewat Penyelenggara ibadah haji khusus.

●     Lunasi Pembayaran Jika Visa Sudah Keluar

Jika jadwal keberangkatan sudah keluar, artinya visa Anda pun sudah selesai diurus. Jika ingin segera berangkat, jangan lupa lunasi dulu sisa pembayaran. Anda pun dapat beribadah di tahun yang sama dengan visa mujmalah keluar.  

Keunggulan Haji Furoda

Oleh karena biaya yang dikeluarkan untuk berangkat sebagai haji Furoda lebih mahal daripada haji reguler maupun khusus, tentunya program haji ini punya kelebihan sendiri. Kelebihan ini khususnya soal waktu keberangkatan.

Anda tidak perlu lagi harus menunggu waktu lama seperti haji reguler yang memakan waktu hingga puluhan tahun. Bahkan untuk program haji plus saja, Jemaah paling tidak harus menunggu beberapa tahun.

Sesaat setelah mendapatkan visa mujmalah maka di tahun yang sama, Anda dapat mempersiapkan diri untuk berangkat. Tentunya setelah lebih dulu melunasi sisa pembayaran haji.

Keunggulan lain dari haji Furoda adalah Anda akan mendapatkan visa haji resmi yang terdaftar online pada aplikasi e-Hajj Saudi Arabia dengan Tasreh Ibadah Haji. Kemungkinan besar hal ini tidak akan didapatkan bagi para jamaah haji reguler.

Fasilitas Haji Furoda

Kelebihan sudah dibahas, lalu bagaimana dengan fasilitas yang akan didapatkan para jamaah haji? Ada banyak fasilitas bagi jamaah yang mengikuti program haji ini diantaranya adalah:

  • Mendapatkan Penginapan di Hotel Bintang 5 atau tergantung paket dari agen travel masing-masing
  • Berangkat pakai pesawat Saudi Airlines Direct Jeddah/Madinah
  • Maktab haji khusus furoda (93-96) Hotel transit di Mina
  • Tenda di Mina lengkap dengan AC
  • Durasi/pelaksanaan selama di Saudi Arabia dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Hotel transit di Mina

Selain itu, sebetulnya masih banyak fasilitas bagi jamaah haji. Biasanya masing-masing agen perjalanan atau travel haji memberikan fasilitas yang berbeda-beda. Mungkin Anda bisa menanyakan langsung pada pihak agen untuk informasi lebih lengkapnya.

Apa-itu-haji-furoda?-lantama-wisata.jpg

Berapa Biaya Haji Furoda Terbaru 2023?

Mengingat fasilitas para jamaah haji furoda bisa dikatakan lengkap dan mewah, wajar jika biaya yang harus disiapkan jumlah tak sedikit. Walaupun begitu, dipastikan biaya yang sudah Anda keluarkan setimpal dengan apa yang diharapkan.

Untuk berangkat haji dengan program ini, paling tidak Anda harus menyiapkan dana sebesar USD 15,500 atau sekitar Rp 231 juta. Mungkin ada sedikit perbedaan antara satu agen perjalanan dengan lainnya. Sebab fasilitasnya juga berbeda-beda.

Jika dibandingkan dengan haji reguler tentu nilainya jauh lebih besar. Sebab memang untuk haji reguler dananya masih disubsidi oleh pemerintah. Namun dengan konsekuensi harus mau menunggu hingga puluhan tahun.

Apakah Haji Furoda Aman?

Di Indonesia, haji Furoda itu legal dan tercatat di daftar jamaah haji secara online (e-hajj). Bahkan, legalitasnya terbukti dalam UU No.8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Presiden Jokowi sendiri yang mengesahkan UU tersebut tepatnya pada 16 April 2019. Legalitas program haji ini pun dapat dibuktikan dengan telah terdaftarnya dalam Lembaran Berita Negara RI Tahun 2019 Nomor 75 oleh Menteri Hukum dan Ham.

Selain itu, program haji ini diawasi oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Nantinya pihaknya yang diharuskan untuk melapor ke Kementerian Agama. Sebagai laporan untuk memberangkatkan jamaah haji Indonesia.

Pelaksanaan haji furoda dapat melalui biro travel yang diberikan izin oleh pemerintah RI. Jadi, Anda harus benar-benar teliti memilih biro perjalanan haji terbaik untuk menjamin keberangkatan yang aman. Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi yang belum Anda pahami sebelumnya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id