Meraih Keberkahan Tanah Suci Bersama Para Penghafal Al-Qur'an

Cek Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah Disini!

Kategori : Artikel Lantama, Ditulis pada : 22 Februari 2023, 09:56:31

Umrah merupakan ibadah yang dilakukan di Baitullah atau Ka’bah, namun pengerjaannya bisa dilakukan kapan saja di luar waktu makruh. Sehingga, Anda yang sudah siap untuk pergi umrah bisa segera memilih travel umrah sunnah terpercaya dan terbaik.

Sebelum memlih travel umrah sunnah, ada baiknya Anda mengetahui tata cara umrah sesuai sunnah di bawah ini.

Lantama-wisata-travel-umroh-bogor.jpg

Tata Cara Umrah Sesuai Sunnah

Berikut tata cara umrah sesuai sunnah yang harus Anda perhatikan, yaitu:

● Persiapan Sebelum Ihram

Jika Anda sudah memantapkan diri untuk melaksanakan umrah, dianjurkan mempersiapkan diri sebelum berihram.

Persiapan yang dimaksud sebagaimana orang yang mandi junub, menggunakan wangi-wangian terbaik khusus bagi laki-laki serta memakai pakaian ihram.

Adapun pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang berfungsi sebagai sarung serta penutup pundak. Sementara bagi wanita menggunakan pakaian yang sudah disyariatkan, yaitu menutupi seluruh tubuh.

● Berikhram

Selanjutnya, Anda dapat melakukan ihram dari miqat untuk umrah dengan mengucapkan, “Labbaika ‘umratan”.

Atau berniat ihram dengan mengucapkan niat dalam hati maupun islam, yaitu, “Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan”.

● Kalimat Persyaratan

Apabila Anda khawatir tidak bisa melaksanakan umrah sampai selesai karena sakit atau ada halangan lainnya, maka bisa mengucapkan persyaratan setelah mengucapkan kalimat ihram di atas.

Adapun kalimat persyaratan yang bisa Anda ucapkan, yaitu, “Ya Allah, tempat tahallul dimana saja Engkau menahanku”.

Dengan mengucapkan kalimat persyaratan, Anda yang mendapatkan halangan untuk menyempurnakan manasik, maka diperbolehkan bertahallul serta tidak wajib membayar dam.

● Kalimat Talbiah

Para jemaah dapat memperbanyak membaca kalimat talbiah sambil mengeraskan suara bagi laki-laki dan bersuara lirih bagi wanita sampai melihat ka’bah saat hendak memulai tawaf.

Bacaan kalimat talbiah yang dimaksud adalah, “Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa syarika laka labbaik, Innal hamda wa ni’mata, laka wal muk laa syarika lak”.

● Masuk Masjidil Haram

Sebelum mulai memasuki kota Makkah, jika memungkinkan, ada baiknya Anda mandi terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke Masjidil Haram dengan mendahulukan kaki kanan sambil membaca doa masuk masjid.

● Menuju Hajar Aswad

Tata cara umrah sesuai sunnah berikutnya adalah menuju ke Hajar Aswad, lalu menghadapnya dan mengucapkan kalimat takbir. Selain itu, jemaah dapat mengusapnya dengan tangan kanan, lalu mencium tangannya.

Jika tidak memungkinkan, Anda cukup memberi isyarat kepada Hajar Aswad dengan tangan kanan, namun tidak disertai mencium tangan yang memberi isyarat tersebut.

● Tawaf 7 Kali Putaran

Tawaf akan dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad. Saat melaksanakan tawaf, tidak ada bacaan tertentu tiap putarannya, namun Anda bisa membaca Al-Qur’an, berdoa, atau dzikir sesuai yang dikehendaki.

Setelah melaksanakan tawaf, para jemaah laki-laki bisa menutup kedua pundak dan berjalan menuju Maqam Ibrahim sambil membaca surah Al Baqarah ayat 125.

Sesampainya disana, jemaah disunnahkan untuk mengerjakan shalat sunnah tawaf 2 rakaat di belakang maqam Ibrahim. Kemudian, disunnahkan untuk meminum air zamzam serta menyiramkan ke kepala.

● Kembali ke Hajar Aswad

Tata cara umrah sunnah berikutnya adalah Anda bisa kembali ke Hajar aswad, setelah itu mulai menuju bukit Safa.

● Menuju Bukit Safa

Para jemaah akan mulai menuju bukit Safa untuk melaksanakan sa’I umrah. Setelah mulai mendekati bukit safa, disunnahkan macam surah Al Baqarah ayat 158.

Saat menaiki bukit Safa dan menghadap ke ka’bah sampai melihatnya, jemaah disunnahkan untuk membaca doa tiga kali kalimat takbir.

● Menuju Bukit Marwah

Selanjutnya, para jemaah bisa menuruni bukit Safa menuju bukit Marwah. Disunnahkan untuk berlari-lari kecil diantara dua tanda lampu hijau yang ada di Mas’a atau tempat sa’I bagi laki-laki, kemudian dapat berjalan biasa saat menuju Marwah dan melihatnya.

Saat tiba di Marwah, jemaah dapat mengulangi lagi apa yang tadi dilakukan di bukit Safa. Selanjutnya, para jemaah dapat menuruni bukit Marwah dan naik lagi ke bukit Safa.

Hal ini dapat Anda lakukan sebanyak tujuh kali putaran dengan berakhir di Marwah.

● Tahallul

Usai melaksanakan sa’I, Anda dapat melakukan tahallul dengan memendekkan seluruh rambut kepala atau mencukur gundul yang lebih utama untuk jemaah laki-laki.

Sementara bagi jemaah wanita, cukup dengan memotong rambut sepanjang satu ruas jari.

Selesai, kini tahapan umrah sunnah sudah berhasil Anda ketahui dengan baik. Anda bisa mempelajarinya sampai benar-benar paham agar saat melaksanakan umrah semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Pilih Travel Umrah Sunnah Terpercaya Hanya di Lantama Wisata

Jika sudah memahami tata cara umrah sunnah dengan baik, kini saatnya mulai mencari travel umrah sunnah terpercaya.

Saat ini, ada banyak travel umrah sunnah yang ada di Indonesia untuk Anda pilih, namun Apabila Anda mencari travel yang resmi, terpercaya, bertanggung jawab dan mampu membuat nyaman, Anda bisa memilih Lantama Wisata.

Lantama Wisata merupakan perusahaan travel resmi yang amanah dan profesional untuk membantu Anda saat ingin melaksanakan umrah sunnah.

Ada banyak alasan kenapa Anda harus memilih Lantama Wisata, diantaranya:

● Menawarkan Harga Terbaik

Lantama Wisata menawarkan harga terbaik yang terjangkau serta kompetitif untuk paket travel umrah sunnah pilihan Anda.

Dengan harga terbaik ini, Anda bisa melaksanakan umrah dengan nyaman, tenang dan lancar, tanpa perlu mengkhawatirkan apapun lagi.

● Proses Pemesanan Mudah

Proses pemesanan travel umrah sunnah melalui Lantama Wisata sangat mudah Anda lakukan.

Cukup ikuti langkah-langkahnya dan kurang dari 5 menit, proses transaksi pun bisa selesai.

Setelah itu, Anda tinggal menunggu tanggal keberangkatan umrah dan melaksanakan sunnah ini dengan baik dan khusyuk.

● Travel Umrah Sunnah Terpercaya

Alasan lainnya kenapa harus memilih Lantama Wisata karena perusahaan travel ini sudah dipercaya sebagai travel umrah sunnah terpercaya selama bertahun-tahun.

Sudah banyak testimoni yang menyatakan bahwa Lantama Wisata menjadi pilihan yang tepat untuk Anda saat akan pergi umrah sunnah.

Menariknya, proses pemesanan paket travel umrah sunnah bisa dilakukan secara online dimana pun Anda berada. Setelah itu, barulah Anda melakukan prosedur berikutnya sesuai dengan bimbingan dari pihak Lantama Wisata sendiri.

● Ramah dan Profesional

Para staff Lantama Wisata terkenal ramah dan profesional saat melayani para calon jemaah umrah. Anda akan merasa nyaman saat sedang berdiskusi karena Lantama Wisata selalu merespon dengan cepat setiap pertanyaan yang Anda berikan.

Sehingga, Anda bisa menjalankan ibadah umrah dengan tenang nantinya, tanpa perlu memikirkan hal apapun lagi.

Itulah informasi seputar tata cara umrah sunnah yang wajib diketahui sebelum Anda mulai berangkat umrah. Pastikan untuk memilih Lantama Wisata sebagai perusahaan travel umrah sunnah Anda, ya. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan keberangkatan umrah sesuai jadwal yang tersedia. Tidak perlu khawatir soal harga, sebab Lantama Wisata seringkali memberikan harga promo menarik untuk para calon jemaah. Jadi, segera hubungi Lantama Wisata melalui nomor resminya sekarang juga!

Call Center Lantama Wisata:

0817-712-311 (Admin 1)

0859-2504-7476 (Admin 2)

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id